Meningkatkan Produktifitas Menulis
Inspirasi,  Tips

Cara Terbaik Meningkatkan Produktifitas Menulis

Cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas adalah mengetahui kapan kita paling produktif. Setiap orang memiliki jam tubuh berbeda-beda, itu sebabnya ada orang yang bisa bangun lebih pagi dari kokok ayam jantan, dan ada juga yang bisa terjaga sepanjang malam seperti burung hantu.

Saya paling nggak produktif di siang ke sore hari. Bagi saya, mengantuk pasca makan siang dan keinginan kuat untuk tidur siang mengganggu produktivitas.

Saya menulis lebih baik ketika lewat tengah malam (setelah tidur sebentar). Pukul 11 malam sampai pukul 2 pagi adalah jam favorit saya untuk menulis artikel, naskah buku, dan postingan blog. Jika saya perlu membalas email pekerjaan atau apapun, saya akan menjadwalkannya di pagi hari.

Cara lain adalah meningkatkan produktivitas adalah dengan menciptakan lingkungan yang mengoptimalkan produktivitas itu. Entah kamu lebih suka bekerja sendiri atau bareng-bareng dengan teman. Entah sambil dengar musik atau di ruangan yang hening. Entah itu ditemani kopi atau Bubble tea.

Cari tahu apa yang nyaman buatmu. Jika membiarkan diri terus berada di lingkungan yang mengganggu, kamu bakal ogah-ogahan dalam menulis.

Bagaimana caramu tetap produktif? Saya bakal senang banget kalau kamu mau share tips meningkatkan produktivitasmu di kolom komentar 🙂

Penulis dan founder Lingua Aksara Writing Service. Sudah menerbitkan belasan buku non fiksi dan beberapa novel. Suka banget membaca, menggambar dan ngopi. Mau kenal lebih dekat? Follow Twitter dan Instagram @astridsv_

Leave a Reply