Teknik

4 Keuntungan Menulis di Wattpad

Wattpad disebut-sebut sebagai Youtube-nya penulisan. Aplikasi ini memungkinkan penulis untuk share tulisannya dengan dunia. Penulis dapat mengunggah bukunya, baik yang sudah selesai maupun sedang dalam proses ditulis. Pengunggahan buku dilakukan per bab dan bukan  satu file tunggal. Berapa banyak jumlah bab yang harus diunggah? Keputusan mutlak dilakukan oleh penulis.

Wattpad sepenuhnya gratis bagi semua penggunanya. Ini artinya penulis benar-benar membolehkan tulisan mereka dibaca secara gratis tanpa opsi untuk menjualnya di situs tersebut.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Wattpad adalah platform bagi siapapun yang tertarik pada buku. Membuat akun di Wattpada hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan selanjutnya kita hanya perlu menciptakan nama pengguna, mengunggah gambar dan menyebutkan sedikit deskripsi tentang diri sendiri.

Ketika penulis memposting satu bab ke Wattpad, ada opsi untuk menyesuaikan bab dengan menambahkan kata kunci, gambar, dan video yang dapat ditelusuri. Ada juga pilihan di bawah bagian tab “Advanced” untuk menambahkan tautan eksternal ke buku kita. Meskipun begitu, cara tersebut tak terlalu menarik bagi pembaca. Hampir tidak ada pembaca yang mau mengkliknya (saya tidak tahu mengapa)

Apa Keuntungan Menulis di Wattpad?

  • Penulis Memiliki Follower Setia
    Orang-orang yang mendaftar ke Wattpad jelas tertarik pada buku, oleh karena itu, ada jutaan pembaca yang mengharapkan bacaan bermutu secara gratis. Sama halnya dengan platform media sosial lain, untuk mendapatkan follower, ada aturan emas yang berlaku, yakni selalu aktif terlibat dengan orang-orang yang membaca buku kita. Jika seseorang meninggalkan komentar, pastikan kita menanggapi sesegera mungkin.
    Luangkan waktu untuk melihat profil pembaca sehingga kita dapat terlibat sedikit lebih pribadi dengan mereka. Jika ingin memiliki pembaca dan pengikut setia, meluangkan sedikit waktu untuk mengenal audiens kita akan sangat membantu meningkatkan rating. Ini juga akan membantu kita lebih memahami pembaca yang pada gilirannya akan membantu kita memfokuskan upaya pemasaran di luar situs.
  • Serial Selalu Menarik
    Serialisasi, jika dilakukan dengan benar, dapat menarik para pembaca setia, dan Wattpad sangat sadar akan hal ini. Kita harus merilis konten bab demi bab yang pada gilirannya mendorong pembaca untuk terus membaca buku kita. Pembaca setia dapat mendaftarkan diri sebagai “fan” dan dengan demikian, akan menerima pemberitahuan email setiap kali penulis favorit mereka mem-posting sesuatu yang baru.Tingkat keterlibatan ini adalah hal yang sangat penting karena penggemar yang berdedikasi akan lebih cenderung mengikuti tulisan kita di luar Wattpad.
    Jika kita tidak memposting bab secara teratur maka pembaca dapat kehilangan minat dan berhenti melanjutkan. Konsistensi sangat penting untuk keberhasilan serialisasi sehingga sebaiknya kita menulis sebuah buku yang lengkap/selesai (meskipun baru draft pertama) untuk diunggah.  Posting hanya satu atau dua bab dari buku kita tidak akan menumbuhkan minat, malah hanya akan berakhir dengan komentar menjengkelkan dari pembaca. Ini berarti bahwa kita harus siap untuk “memberikan” seluruh buku secara gratis.

Catatan: Waktu unggah yang tepat adalah segalanya. Bab yang diposting pada Jumat sore dan Sabtu pagi umumnya memiliki visibilitas paling banyak.

  • Interaksi Itu Penting
    Wattpad adalah tentang interaksi, dan dengan demikian, situs ini secara aktif men-support dialog antara penulis dan pembaca. Pembaca diperbolehkan menilai dan mengomentari apa pun yang mereka baca, memberi penulis kesempatan untuk memperbaiki tulisannya, atau menguji ide-ide baru untuk karakter atau pengembangan cerita. Pembaca Wattpad jelas sangat ingin terlibat dengan penulis dan memberikan umpan balik. Tentu saja, kualitas komentar akan bervariasi. Dari yang hanya menghina hingga ke yang konstruktif. Persiapkan diri mengenai hal ini.
    Menerima komentar dan umpan balik pembaca jelas merupakan salah satu manfaat utama Wattpad, tetapi interaksi penulis-pembaca dapat menjadi langkah lebih jauh. Penulis juga diberi fitur untuk menyiarkan pesan ke pembacanya. Anggap saja fitur tersebut sebagai tweet atau status yang diposting di beranda dan dikirim melalui email kepada penggemar. Ini adalah fitur yang sangat berguna karena penulis dapat mem-posting teaser, atau tautan eksternal ke bukunya, dan bahkan membuat jajak pendapat pembaca untuk mengumpulkan informasi lebih rinci tentang pembacanya. Meski fitur ini sangat berguna, tetapi tetap harus digunakan dengan hati-hati karena terlalu banyak siaran dapat membuat pembaca kesal.
  • Genre Dominan
    Meskipun Wattpad menyediakan lebih dari 20 genre, fiksi ilmiah, roman dewasa muda, dan buku-buku fantasi merupakan yang paling populer. Alasan utamanya adalah karena mayoritas pengguna Wattpad adalah remaja dan 20-an yang lebih condong tertarik pada genre-genre tersebut.  Jadi, penulis roman, fantasi, dan penulis fiksi ilmiah umumnya mendapatkan popularitas lebih cepat dibandingkan dengan penulis fiksi sejarah.

Mendapatkan umpan balik jujur ​​dari pembaca dunia nyata adalah bagian yang tak ternilai dari sebuah proses penulisan, dan untuk alasan itu, Wattpad adalah platform yang berguna untuk penulis. Namun, seperti halnya dengan semua media sosial, tidak ada jaminan kesuksesan atau peningkatan penjualan buku. Maka, tidak ada salahnya mempromosikan buku kita di luar sana, asalkan realistis tentang respons yang diincar.

Penulis dan founder Lingua Aksara Writing Service. Sudah menerbitkan belasan buku non fiksi dan beberapa novel. Suka banget membaca, menggambar dan ngopi. Mau kenal lebih dekat? Follow Twitter dan Instagram @astridsv_

Leave a Reply